KRL TOKYU 8500 SERIES

 


KRL seri Tokyu 8500 

Kereta rel listrik Tokyu 8500 adalah kereta rel listrik buatan Tokyu Car CorporationJepang, yang kini beroperasi di lintas KRL Commuter Line Jabodetabek. KRL berteknologi Field Chopper Control dan body-nya terbuat dari stainless steel ini pernah digunakan di Jalur Tokyu Den-en-toshi dan Jalur Tokyu Toyoko . Ciri khas KRL ini adalah menggunakan AC dan kipas angin dalam kereta secara bersamaan, di mana kipas angin yang juga berfungsi untuk membantu kerja AC ini sudah dipasang sejak KRL ini awal beroperasi, karena sebelum dekade 80-an, masih banyak KRL di Jepang tidak menggunakan AC.

KRL buatan tahun 1975 ini didatangkan ke Indonesia mulai tahun 2006, sebagai KRL seri keempat yang didatangkan ke Indonesia setelah KRL Toei seri 6000, JR East seri 103, dan Tokyu seri 8000. KRL inilah yang pertama kalinya menggunakan livery merah kuning khas PT KAI Commuter Jabodetabek (kini Kereta Commuter Indonesia), tepatnya pada rangkaian 8513F atau yang dikenal dengan nama "Jalita".

Indonesia membeli kereta ini bersamaan dengan KRL Tokyu seri 8000, yang merupakan saudara dari KRL ini, dengan harga sekitar 800 juta rupiah per kereta, atau sekitar 6,5 miliar rupiah untuk satu rangkaian dengan stamformasi 8 kereta. Selain itu, KRL Tokyu seri 8500 ini juga dijual ke Nagano Electric Railway dan Chichibu Railway dengan formasi 3 kereta per set dan satu kereta nomor 8723 diberikan kepada Izukyu Corporation yang kemudian dimodifikasi menjadi berkabin masinis.[1]

Ciri khas KRL ini adalah menggunakan AC dan kipas angin dalam kereta secara bersamaan, di mana kipas angin yang juga berfungsi untuk membantu kerja AC ini sudah dipasang sejak KRL ini awal beroperasi, karena sebelum dekade 80-an, masih banyak KRL di Jepang tidak menggunakan AC.

Perbedaan antara KRL ini dengan KRL Tokyu seri 8000 adalah kacanya yang lebih berbentuk kotak, tidak menjorok ke bawah, serta memiliki 3 penanda tujuan di atas pintu darurat serta kaca depan di kabin masinis. Selain itu, semuanya sama persis seperti sistem AC dan kelistrikannya, sehingga memungkinkan kereta ini dan KRL Tokyu seri 8000 bertukar unit kereta.

Saat ini, rangkaian terakhir KRL Tokyu seri 8500 yang masih beroperasi, yaitu 8618F, berada bawah perawatan dan milik Depo KRL Bogor.


Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_rel_listrik_Tokyu_Corporation_seri_8500

Posting Komentar

0 Komentar